Sardono’s Retrospective

Koreografer sekaligus penari kenamaan Tanah Air Sardono W. Kusumo akan menyelenggarakan pagelaran kebudayaan berjudul ‘Sardono’s Retrospective’ pada 20-22 November 2015. Lokasinya bertempat di pabrik gula Colomadu, Solo, Jawa Tengah.

Pementasan yang berasal dari gagasan retrospeksi tersebut mengangkat perjalanan selama masa Sardono berkarya. Maka retrospeksi Sardono akan karya-karya besarnya telah hidup dan berkembang selama belasan hingga puluhan tahun mulai dari film, seni pertunjukan, sistem pendidikan, dan lain-lain.

Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (17/11/2015), Sardono berhasil melahirkan teknik baru dalam film yaitu Expanded Cinema, seni pertunjukan sambil melukis, pameran lukisan (lukisan bukan sebagai lukisan tapi sebagai dekorasi besar). Kemudian, dari sistem pendidikan ketubuhan yang hingga saat ini masih diterapkan oleh lembaga pendidikan seni di Singapura.

Serta workshop dari seluruh alumni yang pernah belajar dari Sardono W Kusumo dan kini masing-masing dari mereka telah berkarya di berbagai negara di Asia. Nantinya, pagelaran ini juga akan ditampilkan di Singapore International Festival of Arts (SIFA) 2016.

Di pertunjukan kali ini, gerak para aktor, penari serta penyanyi akan memenuhi ruang-ruang mesin di Pabrik Colomadu. Pentas akan diisi dengan Penari Papua, Penari Serimpi, Penari Hip Hop, Komputerisasi Musik Elektronik, dan pemutaran film. Di halaman pabrik juga akan ditampilkan pameran kerajinan, dan berbagai industri dari masyarakat Kabupaten Karang Anyar.

Posted In:    

Other Details

  • Organizer : Perfect Holiday Indonesia
  • Location : Solo
  • Submitted On : 23 Nov 2015